PUAP JOMBANG

PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN KABUPATEN JOMBANG

  • Selamat datang di website PUAP kabupaten Jombang

Tercatat, ada 2000 jenis varietas mangga. Tapi, jangan asal pilih, karena di balik kelezatannya, mangga memiliki khasiat yang luar biasa. Contohnya dapat menyembuhkan penyakit influenza, penambah nafsu makan, menyembuhkan luka pada kulit, radang tenggorokan atau batuk, dan masih banyak penyakit lainnya.
Hal itu seperti dikatakan Ahmad Abdul Hadi pemasok mangga asal Cirebon yang sudah mengekspor ke Timur Tengah, dalam beberapa kesempatan berbincang kepada Sinar Tani tentang khasiat dari mangga.

Katanya, “khasiat dari mangga sangat banyak, percaya ga percaya, ayah saya yang telah lama bermain dalam varietas mangga gedung gincu meyakini hal tersebut, seperti apabila kita meletakkan mangga di kamar harumnya mampu mengusir nyamuk, apabila kita influenza dengan memakan tiga buah mangga tersebut dapat terobati, dan untuk menguatkan rasa anggur yang biasa disajikan dalam jamuan makan malam hanya dengan makan satu buah mangga dapat memperkuat rasa anggur,” ucapnya.

Mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bagus untuk keremajaan kulit dan mencegah kanker. Karena di dalam mangga terdapat karotenoid yang disebut crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Kandungan asam galat yang ada di mangga, sangat baik buat pencernaan, selain itu kandungan riboflavinnya baik untuk menjaga kesehatan mata, mulut dan tenggorokan.



Menurut Hadi jika belanja mangga, jangan pilih yang terlalu matang atau mentah, pilihlah kualitas yang pas, yaitu matang di pohon, teksturnya padat tapi tidak terlalu keras, baunya harum tapi tidak menyengat.

Tips Mengobati Influenza
Bila terserang influenza, siapkan buah mangga 1 buah, ambil dagingnya, tambahkan jahe seukuran 1 jari dan dua buah bawang putih. Semua bahan direbus dengan 500 cc air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum selagi hangat.
Untuk batuk, atau sesak napas, siapkan mangga 1 buah, 1 sendok makan (sdm) jeruk nipis, 2 sdm madu, 100 ml air hangat, campur semua bahan dan blender hingga halus. Minum kurang lebih 2 kali sehari. Nah, bagi penggemar mangga mungkin tips ini bisa dicoba dengan cara mengkonsumsinya tidak hanya dalam bentuk buah segar, namun dikombinasikan dengan bahan lain yang bisa berfungsi sebagai obat.

sumber: sinartani.com

Labels:

0 Response for the "Cegah Influenza dengan Mangga"

Post a Comment

    Komentar Pengunjung


    ShoutMix chat widget

    Followers

    Apakah anda tahu tentang PUAP di kabupaten anda?